Langsung ke konten utama

Fakta Cokelat

Jika sudah ditambah cokelat, rasanya berbagai macam makanan dan minuman jadi lebih lezat. Bahkan, cokelat yang dimakan begitu saja pun cukup menggugah selera. Nah, ternyata di balik rasanya yang nikmat, cokelat memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Namun, bukankah banyak yang bilang kalau makan cokelat bisa bikin gemuk dan gula darah naik? Jadi mana yang benar? Apakah cokelat sehat atau justru berisiko buat kesehatan? Cari tahu jawabannya di sini.

Dari mana asalnya cokelat?
Source: newscientist.com
Cokelat berasal dari buah pohon kakao. Buahnya memiliki bentuk yang unik seperti bola. Di dalamnya terdapat biji cokelat. Nah, biji cokelat inilah yang nantinya akan dikeringkan, difermentasi, dibersihkan, dan diolah hingga menjadi cokelat yang Anda makan.

Benarkah cokelat dapat menangkal radikal bebas?
Source: medkes.com
Cokelat hitam ternyata mengandung banyak sekali flavonoid. Kandungan flavonoid pada cokelat ini memiliki bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.
Dengan ditangkalnya radikal-radikal bebas tersebut, maka daya tahan tubuh dapat meningkat dan tubuh dapat terlindungi dari penyakit, terutama penyakit kanker. Antioksidan pada cokelat juga dapat membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.

Apakah cokelat baik untuk kesehatan?
Source: https://www.thermofisher.com
Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi kesehatan tubuh. Inilah yang membuat para ahli menganggap cokelat sehat dan baik untuk dikonsumsi.
● Cokelat mengandung magnesium, zat tembaga, kalium, dan kalsium. Nutrisi-nutrisi ini ternyata memiliki peran yang sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah. Cokelat hitam, atau yang dikenal dengan sebutan dark chocolate, ternyata mengandung sebanyak 36 mg magnesium per 100 kalori penyajian. Magnesium merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk sintesis protein, relaksasi otot, dan untuk menghasilkan energi. Magnesium juga memiliki kemampuan untuk melindungi jantung dari denyut jantung yang tidak beraturan.
● Kandungan zat tembaga pada cokelat juga sangat berguna untuk pemindahan zat besi pada tubuh, metabolisme glukosa, pertumbuhan anak-anak, dan perkembangan otak. Bila dibandingkan dengan susu cokelat, kandungan zat tembaga pada cokelat hitam ternyata lebih tinggi. Susu cokelat hanya mengandung zat tembaga sebesar 10 persen, sedangkan cokelat hitam mengandung sebanyak 31 persen.
● Kalium pada cokelat ternyata juga dapat mengurangi risiko hipertensi (tekanan darah tinggi). Cokelat hitam mengandung sebanyak 114 mg kalium (atau sebanyak 2 persen dari Angka Kecukupan Gizi harian).
● Cokelat hitam memiliki kandungan polifenol yang mampu menurunkan kadar tekanan darah. Kandungan antioksidan pada cokelat juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.
● Flavonoid pada cokelat hitam ternyata juga mampu mengatur penyerapan karbohidrat pada saluran pencernaan, melindungi dan menjaga fungsi sel beta pankreas (yang sering kali terganggu pada mereka yang mengalami diatebes melitus tipe 2) dan meningkatkan kemampuan sensitivitas insulin. Adanya kadar insulin yang stabil, akan membuat kada glukosa dalam tubuh Anda stabil.
Selain manfaat-manfaat tersebut, ternyata cokelat hitam juga memiliki beberapa kemampuan unik lain seperti:
● Meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Hal ini akan meningkatkan kemampuan berpikir Anda.
● Ternyata, konsumsi cokelat dapat menimbulkan perasaan bahagia.
● Cokelat juga dapat membuat kita menjadi lebih segar dan terjaga, karena cokelat juga mengandung kafein(walaupun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kopi).

Apakah semua jenis cokelat sehat dan bernutrisi?

Di pasaran cokelat dibedakan menjadi tiga golongan. Cokelat hitam, cokelat putih, dan cokelat susu. Dari ketiga golongan tersebut, cokelat hitam mengandung lemak dalam jumlah yang paling sedikit (28 persen), sedangkan kandungan lemak pada cokelat putih ternyata paling tinggi, yaitu sebesar 30,9 persen. Sedangkan untuk kandungan protein, cokelat putih memiliki kandungan protein yang paling tinggi, yaitu sebesar 8 persen.
Berdasarkan komposisinya, cokelat hitam juga tidak mengandung susu, atau hanya dalam jumlah yang sangat sedikit, berbeda dengan cokelat jenis lain yang umumnya sudah dicampurkan susu atau pemanis.

Jadi, apakah cokelat termasuk makanan sehat?

Sebenarnya, cokelat memang memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, Anda juga perlu mencermati komposisi pada cokelat yang Anda pilih. Terutama bila Anda tidak mengonsumsi cokelat hitam atau cokelat murni, melainkan permen cokelat yang sudah dicampurkan berbagai bahan ke dalamnya.
Anda harus memerhatikan kandungan glukosa dan kalori pada cokelat tersebut. Adanya kandungan seperti ini malah akan berdampak buruk pada kadar gula darah Anda, khususnya bagi mereka yang mengalami diabetes melitus.
Oleh karena itu, sebenarnya cokelat sehat bila Anda memilih jenis yang tepat, misalnya cokelat hitam yang rendah lemak. Perhatikan juga porsinya. Tidak perlu makan cokelat sampai berlebihan guna mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Makan secukupnya saja, tetapi secara rutin. 


Content By: HelloSehat
Sumber : LINE SHOPPING

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa pesawat berwarna putih?

Seperti warna hitam yang menyerap panas, maka warna putih akan memantulkannya. Dengan warna putih, bagian dalam kabin pesawat juga terasa lebih dingin. Cat dengan warna-warna terang seperti merah akan lebih terlihat saat teroksidasi. Akibatnya, warna merah dalam waktu sebentar berubah menjadi merah muda seperti luntur dan tidak menarik lagi. Alhasil, biaya perawatan dan pengecatan ulang pesawat menjadi lebih mahal. Sementara warna putih lebih tidak terlihat saat kusam atau luntur. Bagian badan pesawat yang terbuat dari bahan plastik atau komposit, misalnya karbon, kaca fiber, dan sebagainya harus dicat dengan warna terang. Dan, sebisa mungkin transparan. Jadi, untuk menyeragamkan warnanya, maskapai penerbangan memilih warna cerah seperti putih dan abu-abu terang. Sumber: tribunnews.com

Makna lagu Ed Sheeran pada Album Divide

Pada tahun 2017 ini, akhirnya Ed Sheeran merilis album yang berjudul  Divide.  Album ini benar-benar seperti menggemparkan dunia, pasalnya baru beberapa hari dirilis, album ini langsung masuk ke puncak  c hart  dunia seperti  Billboard Hot Chart  dan  Official UK TOP 40.  Penjualan album pelantun tembang  Photograph  ini juga melejit dan laris manis dipasaran. Ke-16 lagu dalam album ini ternyata benar-benar mampu mencuri hati penggemarnya. Penasaran kan sebenarnya apa isi dan makna lirik lagu Ed Sheeran dalam album terbarunya hingga mampu membuat penikmat musik jatuh hati? Ini dia ulasannya untuk kalian! Eraser HDwallsize.com Dalam lagu berjudul  Eraser  ini, ada sesuatu yang unik nih. Kalian akan mendengarkan suara Ed Sheeran yang lain.  Yup! It's a rap!  Makanya kalian yang bener-bener  nge-fans  dengan suara emasnya wajib dengerin lagu ini! Karena kalian akan mendengarkan sisi lain suara Ed Sheeran, yang biasanya terdengar ringan. Makin penasaran dan pengen buru-buru  d

6 Fakta Menarik Di Balik Lagu Dusk Till Dawn

foto: billboard.com  |  www.billboard.com Tepat 7 September 2017 kemarin, Zayn merilis  music video  single terbarunya yang berjudul  Dusk till Dawn  yang ia garap bersama Sia. Ia juga menggandeng Jemima Kirke sebagai lawan mainnya di music video ini. Belum genap 24 jam, namun single ini telah menarik perhatian banyak orang, dan ternyata banyak fakta menarik di balik single Zayn kali ini. Berikut fakta menarik di balik lagu tersebut. Arti dari “Dusk till Dawn” Arti secara harfiah,  Dusk till dawn berarti senja hingga fajar. Ternyata tidak sedangkal itu makna judul lagu ini apalagi bila digabungkan dengan salah satu liriknya “ Baby, I am right here. I’ll be with you from dusk till dawn. ” Liriknya memiliki arti “Sayang, aku di sini dan aku akan tetap di sini dari senja hingga fajar.” Hal tersebut memiliki makna bahwa Zayn akan tetap berada di samping seseorang yang ia sayangi sampai kapanpun. Ahh, romantis ya! Dusk till Dawn  ini ternyata love song, lho! Banya